Informasi Seputar Gejala Tipes dan Upaya Mencegah Penyakit Tipes


Salah satu jenis penyakit yang bisa dibilang sulit dikenali gejalanya adalah tipes. Ya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka tengah mengalami gejala tipes. Alhasil tidak sedikit yang kemudian terlambat mendapatkan penanganan medis. Tak hanya itu saja, saat sembuh pun Anda juga disarankan melakukan upaya pencegahan agar tipes tak lagi terulang.

Pencegahan paling pertama bisa dilakukan dengan pemberian vaksin tifus, terutama pada usia anak-anak. Biasanya ada efek samping yang ditimbulkan setelah vaksinasi, antara lain rasa sakit atau kemerahan di sekeliling area suntikan, mual, pusing, sakit perut, dan diare. Hanya saja yang perlu dipahami, vaksin tidak membuat seseorang kebal terhadap Salmonella sp., tetapi vaksin membuat tubuh menjadi lebih baik dalam melawan bakteri tersebut.
Penyebaran dan penularan tifus sangat berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan dan kebersihan diri. Maka dari itu, selain melakukan vaksin, Anda bisa mencegah tifus dengan melakukan beberapa hal berikut.

  1. Membiasakan diri mencuci tangan, terutama setelah buang air atau membersihkan kotoran. Alternatifnya menggunakan hand-sanitizer jika tidak tersedia air bersih.
  2. Meminimalkan membeli makanan yang dijual di pinggir jalan, terlebih jika tidak terjaga kebersihannya.
  3. Jika ingin menggunakan es batu, pastikan air untuk es batu itu bersih dan higienis.
  4. Anda suka mengonsumsi buah dan sayuran mentah? Cuci sampai bersih dulu ya sebelum dikonsumsi.
  5. Jika Anda penggemar seafood, maka pastikan sudah diolah dengan benar.
  6. Jika tengah berada di tempat yang kebersihan airnya kurang terjaga, lebih baik berkumur usai gosok gigi menggunakan air matang.
  7. Bersihkan toilet secara teratur. Hindari bertukar barang pribadi, seperti handuk, sprei, dan alat mandi. Cuci benda-benda tersebut secara terpisah di dalam air hangat.
  8. Hindari konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi.
  9. Jika Anda baru selesai dari pengobatan tifus, maka bawalah selalu antibiotik yang telah diresepkan dokter dan ikutilah petunjuk yang telah diberikan. Pengobatan antibiotik harus dilakukan hingga periode pengobatan berakhir untuk mencegah resistensi obat.
Saat Anda terserang tifus, sebenarnya ada beberapa makanan yang harus dihindari. Apa saja makanan itu? Berikut kami berikan daftarnya untuk Anda.

Makanan pedas 

Ketika seorang penderita mengonsumsi makanan pedas, luka pada usus dapat mengalami pendarahan atau pembengkakan. Ingat ya, tifus merupakan penyakit peradangan pada usus. Jika sudah demikian maka penyakit tipes akan semakin lama untuk disembuhkan atau bahkan dapat menimbulkan akibat yang lebih fatal lagi. 

Makanan berlemak 

Makanan berlemak cukup sulit dicerna oleh tubuh dan pencernaan lemak baru terjadi dalam usus. Maka jika penderita tifus mengonsumsi makanan berlemak, tidak heran jika usus mengalami pendarahan. Jika dibiarkan penderita bisa mengalami gangguan yang lebih parah.

Selain dua makanan di atas, penderita tifus juga sebaiknya menghindari kopi dan buah yang dimakan dengan kulitnya. Bersabarlah dulu sampai benar-benar sembuh ya.

Demikian ulasan mengenai pencegahan tifus atau tipes. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


Informasi Seputar Gejala Tipes dan Upaya Mencegah Penyakit Tipes Informasi Seputar Gejala Tipes dan Upaya Mencegah Penyakit Tipes Reviewed by buyazen on Mei 13, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.